Sejarah Nama Raja Ampat Papua

Pandakeren.com –  Raja Ampat menjadi salah satu tujuan impian untuk para traveler di Indonesia. Tapi tahukah kamu, asal-usul nama dari surga Timur Indonesia tersebut?

Kami sempat berkunjung sejumlah kali ke sana. Memang, keadaan Raja Ampat dan keindahan alamnya susah ditemukan di lokasi lain. Ada tidak sedikit spot-spot cantik guna dieksplor.

Dulu Raja Ampat tersebut hutan, nggak terdapat sama sekali kampung. Dulu mulai ramai tersebut sekitar tahun 2006. Masih sepi sekali,” ujar Mukhsin, seorang pembimbing wisata yang telah 8 tahun menekuni profesinya dalam obrolan dengan kami, Minggu (8/4/2018).

Di samping itu, dulunya Raja Ampat pun mengambil masyarakat dari kota Sorong. Bahkan, Mukhsin pun mengatakan, orang-orang dari Sorong dijanjikan satu lokasi tinggal jika hendak pindah ke Raja Ampat. Data dari kami, Marcus Wanma menjabat sebagai bupati Raja Ampat kesatu dan terpilih 2 kali masa jabatan (2005-2015).

Sejarah Nama Raja Ampat Papua / youtube.com

“Kami sebagai penduduk Raja Ampat paling senang, paling bersyukur. Sekarang bupatinya telah almarhum namun jasa-jasanya paling besar bikin kami, sebab karenanya tersebut Raja Ampat itu dapat terkenal hingga mancanegara,” kata dia.

Jauh sebelum masyarakat mengisi wilayah Raja Ampat, ada cerita legenda yang lekat di masyarakat mengenai terbentuknya distrik tersebut.

“Saya dengar kisahnya dari di antara tuan tanah di Raja Ampat ini. Ada seorang ibu lokasi tinggal tangga di dalam sana namanya Kaliraja mereka berkebun di situ, hanya mereka jauh dari kampung. Bapaknya kegiatannya keseharian memancing, ibunya keseharian berkebun,” ujarnya.

“Setelah mereka berkebun mereka bisa 7 buah telur, dipungut di bakulnya dan di bawa pulang. Setelah diangkut pulang ditabung di dalam rumahnya. Tiba-tiba suaminya bilang, bantu masakkan telur, sebab saya hendak makan telur. Nah istrinya lupa, jadi santap yang lain. Nah sejumlah hari lantas 7 telurnya menetas,” tambah Mukhsin.

Raja dari 7 telur di Raja Ampat

Ada juga sejumlah cerita yang beredar di masyarakat, bahwa 7 telur itu menetas dan berwujud sebagai manusia. 4 Dari telur-telur itu menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sisa 3 lainnya, satu menjadi batu, satu menjadi perempuan dan satu lagi menjadi makhluk gaib atau hantu.

“6 menetas, 1 jadi makhluk gaib, namun dia titip pesan, saya tidak bakal lahir, namun saya bakal lindungi anda orang,” tambah Mukhsin.

10 Kebohongan Sejarah Terbesar yang Akhirnya Terungkap
Ternyata Bumi Sudah 5 Kali Mengalami Kiamat
Fakta Fakta Menarik Tentang Perusahaan Apple

Konon, ada sejumlah orang yang masih hidup dan dulunya menikmati langsung berinteraksi dengan mahluk gaib tersebut. Sampai ketika ini, cerita tersebut menjadi legenda Raja Ampat yang diyakini penduduk setempat.

referensi : detik.com

Add Comment